Minggu, 16 Juni 2019

Pita Mobius dan Botol Klein


* Pita Mobius


Silinder itu Möbius Strip namanya. Ia di namakan seperti nama penemunya, yaitu Ahli Matematika dari Jerman pada abad 19 (tahun 1858), August Möbius. Mobios Strip merupakan salah satu non orientable objects, karena yang hanya mempunyai satu sisi dan satu boundary component. Masa sih beneran cuma punya satu sisi aja? Mari kita buktikan.



Pertama carilah pita atau kertas yang dimensinya seperti pita, kemudian sambungkan kedua ujungnya seperti lingkaran dengan lem, namun INGAT di twist atau putar dulu salah satu ujungnya sebelum di rekatkan. Viola! Jadilah mobius strip yang hanya punya satu sisi! Masih belum percaya? Mari kita coba berikan warna pada kertas atau pita tersebut, warna merah untuk bagian luar dan warna biru untuk bagian dalamnya. Pertama coba warnai bagian luar kemudian bagian dalam. Nanti kamu akan kaget sendiri karena ternyata hanya satu warna yang kamu pakai.






Sebenarnya Mobius strip ini merupakan salah satu terapan dari salah satu cabang matematika yang bernama Topology. Cabang ini menginvestigasi sebuah bentuk-bentuk properti yang tidak berubah ketika ditekuk atau diregangkan (Topology investigates those properties of shapes which do not change under continuous bending and stretching).


* Botol Klein

Klein Bottle pertama kali di temuka oleh Ahli Matematika dari Jerman dan pada abad 19 juga (tahun 1882), yang bernama  Felix Klein. Klein bottle ini benar-benar tidak mempunyai batas (no boundary), karena sangat menyatu dan tidak bisa dibedakan mana bagian luar dan mana bagian dalam.





Sebuah Klein bottle dibentuk dengan menggabungkan dua sisi sebuah lembaran untuk membentuk silinder, kemudian ujung silinder melingkari melalui dirinya sendiri dengan sedemikian rupa sehingga bagian dalam (hijau) dan luar (putih) dari silinder bergabung. Jika kita mencoba memasukkan air kedalam ‘lubang botol’ tersebut, maka air akan terjebak di bagian ‘dalam’ botol.




Ada beberapa aplikasi yang dapat diterapkan dengan menggunakan prinsip Möbius strip ini . Contohnya seperti conveyor belt, Ia akan bertahan lebih lama ketika menerapkan Mobius strip, karena luas permukaan seluruh sabuk mendapatkan intensitas pemakaian yang sama dan merata. Möbius strip juga dapat ditemukan dalam pembuatan kain printer komputer dan pita mesin ketik, karena mereka memungkinkan pita menjadi dua kali selebar kepala cetak saat menggunakan kedua bagian merata. Satu hal lagi contoh yang paling populer dari aplikasi Mobius strip ini adalah trik sulap yang disebut sebagai The Afghan Bands. Secara singkatnya, dari pertunjukan sulap ini yaitu bagaimana caranya agar 3 objek yang besar dapat masuk kedalam pita yang ukurannya kelihatan kecil. Padahal pita tersbut menggunakan Mobius Strip sebenarnya mempunyai ukuran 2 kali lebih besar dari silinder biasa.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar