Selasa, 18 Juni 2019

Jaring-Jaring Bangun Ruang


    Jaring-jaring bangun ruang merupakan pembelahan dari bangun-bangun ruang tertentu yang apabila disatukan akan membentuk suatu bangun ruang. Jaring-jaring bangun ruang biasanya menggunakan media kertas dalam pembentukannya yang pada umumnya menggunakan kertas karton dalam pembentukannya.

      Masing-masing bangun ruang memiliki jaring-jaring bangun ruang yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Seperti halnya jaring jaring balok berbeda dengan jaring jaring kubus, dikarenakan jaring-jaring balok dengan jaring-jaring kubus memiliki sisi yang berbeda. Pada jaring-jaring kubus memiliki bentuk persegi empat sedangkan pada jaring-jaring balok memiliki bentuk persegi empat dan persegi panjang.


v    KUBUS



Kubus adalah bangun ruang yang dibatasi oleh enam buah sisi yang berbentuk persegi empat. Sehingga jika kita membelah sebuah kubus lalu kita letakkan di posisi mendatar maka akan didapat jaring-jaring kubus yang terbagi dari susunan enam buah persegi.




v    BALOK





Balok adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh tiga pasang persegi atau persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya berukuran berbeda. Balok memiliki 6 sisi, 12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok yang dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun disebut sebagai kubus.




v    TABUNG





Tabung atau silinder adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk oleh dua buah lingkaran identik yang sejajar dan sebuah persegi panjang yang mengelilingi kedua lingkaran tersebut. Sehingga jaring-jaring tabung terdiri dari dua buah lingkaran dan sebuah persegi panjang.




v    KERUCUT



Jaring-jaring kerucut terdiri atas lingkaran sebagai alasnya dan bangun segitiga dengan alas lengkung yang disebut selimutnya.




v    LIMAS SEGITIGA 





Limas segitiga merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi pada alas yang memiliki bentuk segitiga dan 3 sisi tegak berbentuk segitiga.






v    PRISMA SEGITIGA



Prisma segitiga adalah bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi oleh alas dan tutup identik berbentuk segi tiga dan sisi-sisi tegak berbentuk segiempat. Sehingga jaring-jaring prisma segitiga terdiri dari 2 buah segitiga dan 3 buah persegi atau persegi panjang.




v    BOLA





Ruag bangun bola tidak dapat membuat jaring-jaring bola dikarenakan bentuk lengkung tiga dimensi pada bangun bola tidak bisa dirubah menjadi bentuk datar atau bentuk dua dimensi secara sempurna













Tidak ada komentar:

Posting Komentar