Minggu, 16 Juni 2019

Alat Peraga Matematika

Setiap siswa cenderung memiliki kekurangan dan kelebihan terhadap suatu subjek. Lantas, menjadi tugas guru untuk memaksimalkan dua hal tersebut agar mendapatkan nilai sebaik mungkin. Khusus pada ilmu eksak yang mengandung unsur penghitungan, penyampaian materi diperlukan usaha ekstra lantaran dinilai sebagai momok. Alhasil, Alat Peraga Matematika harus diterapkan demi mengurangi ketegangan tersebut. Selain mengurangi ketegangan selama proses pembelajaran, Alat Peraga Matematika dapat mempermudah siswa dalam memahami abstraksi serta konsep suatu pembahasan. Sementara untuk guru, penyampaian materi menjadi lebih berkembang dan menguntungkan dari segi efisiensi waktu. Lebih-lebih, sangat menunjang penerapan subjek ke realitas. inilah contoh beberapa alat peraga Matematika :

1. Papan Berpaku ( Geoboard) 
Geoboard merupakan alat peraga yang terbuat dari papan berbentuk persegipanjang atau bujur sangkar, yang diatasnya ditancapkan paku-paku yang tersusun sesuai ukuran tertentu. Keunggulan dari papan berpaku dengan karetnya ini adalah alat ini menyajikan bentuk geometri yang lebih dekat kepada kenyataan daripada kayu, kettas dan semacamnya. Alat peraga ini cocok untuk membantu siswa SD dalam mengenali berbagai macam bentuk bangun datar, sehingga siswa akan lebih memahami bentuk bangun datar tersebut karena bisa melihat secara realnya atau konkretnya. Kegunaan alat peraga ini antara lain : pengenalan bentuk bangun datar , dan menentukan luas permukaan bangun datar.

2. Dekak- dekak 
Dekak- dekak merupakan alat peraga matematika yang terdiri dari beberapa batang yang jumlahnya tertentu dan dalam batang kawat tersebut diisi dengan biji yang jumlahnya berkisar 10 – 20 buah. Kegunaan Dekak- dekak ini untuk Untuk membantu siswa memahami konsep nilai tempat desimal, khususnya: satuan, puluhan, ratusan, dan ribuan. Secara terbatas dapat pula digunakan untuk operasi hitung dasar bilangan asli. 



3. Muka Jam 
Muka jam adalh alat peraga yang bentuknya menyerupai bentuk jam seperti aslinya. Terdiri angka dari 1 s/d 12 dan juga jarum penunjuk jam. Alat ini biasa digunakan untuk siswa sekolah dsar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang berfungsi untuk membaca jam. Pengenalan jenis sudut, dan menentukan besar sudut,



4. Jaring-Jaring Bangun Ruang 
Kerangka bangun ruang adalah alat peraga yang membanu anak dalam memahami bentuk geometri, yaitu geometri ruang. Alat ini cocok digunakan pada sekolah menengah pertama . kegunaanya yaitu mengenal bagian banguin ruang, dan mengenal sifat- sifat bangun ruang.

5. Blok Pecahan 
Alat peraga ini dipergunakan untuk mempelajari atau mengenal bilangan pecahan, yaitu untuk menanamkan konsep : a. Pecahan adalah hal yang tidak utuh b. Menyatakan pecahan ke bentuk lain yang ekuivalen c. Menyederhanakan pecahan d. Membandingkan dua pecahan Sehingga alat ini bagus digunakan untuk SD dan bisa juga diterapkan di ekolah Menengah Pertama (SMP).


Dengan demikian, dengan adanya alat peraga mempermudah proses pembelajaran siswa. alat peraga matematika tidak hanya untuk tingkat SD, tetapi juga tingkat SMP dan SMA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar